Jenis-jenis Routing Protocol Jaringan Komputer

jenis-jenis routing protocol pada jaringa komputer


Jenis-jenis Routing Protocol Jaringan Komputer

Routing protocol adalah protocol dalam jaringan komputer yang di gunakan untuk membroadcast dan mempelajari jaringan yang terhubung dan mempelajari rute yang tersedia. Dengan kata lain menghubungkan router atau jaringan yang berbeda agar dapat bertukar informasi antara satu router dengan router lainnya


Jenis-jenis routing protocol pun beragam, antara lain :

1. RIP

RIP adalah protocol yang memberi informasi routing table berdasarkan router yang terhubung langsung, kemudian router selanjutnya memberi informasi ke router selanjutnya yang terhubung langsung dengan router tersebut. Atau bisa di sebut dengan metode pengenalan ip address pada setiap router.

Ada 2 macam routing RIP, yaitu :
          1. RIPv1 (RIP versi 1)
                    > hanya mendukung routing class-full
                    > tidak ada info subnet yang di masukan
                    > tidak mendukung VLSM
                    > adanya fitur perbaikan routing broadcast
          2. RIPv2 (RIP versi 2)
                    > mendukung routing class-full dan class-less
                    > info subnet di masukan
                    > mendukung VLSM
                    > ada fitur perbaikan routing multicast

2. OSPF


OSPF adalah sebuah protocol standar terbuka yang di aplikasikan oleh sejumlah vendor jaringan dan di jelaskan di RFC 2328 protocol ini cocok di gunakan pada jaringan yang memiliki router yang berbeda beda. 


OSPF bekerja dengan sebuah algoritma “link-state” yang disebut algoritma Dijkstra / SPF. Cara kerja dari protokol ini adalah: Pertama, sebuah “pohon” dengan jalur terpendek akan dibangun. Kemudian, routing table akan diisi dengan jalur-jalur terbaik yang dihasilkan dari “pohon” tersebut. OSPF hanya mendukung routing IP saja. Update routing table pada protokol ini dilakukan secara floaded saat terjadi perubahan topologi jaringan. Bisa dibilang, OSPF ini adalah route redistribution, yaitu sebuah layanan penerjemah antar routing protocol


3. BGP


Sebuah routing protocol yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengumpulan rote, pertukaran rute, dan menentukan rute terbaik menuju lokasi dalam sebuah jaringan, routing BGP termasuk dalam kategori routing protocol jenis Exterior Gateway Protocol (EGP). Protocol ini 


4. IGRP


IGRP adalah sebuah protocol routing yang dikembangkan oleh Cisco Systems Inc. pada pertengahan tahun 1980-an. Tujuan penciptaan IGRP adalah untuk menyediakan protokol yang kuat untuk routing dalam sistem otonomi.

Pada IGRP, dilakukan secara metematik berdasarkan jarak. Oleh karena itu, sistem IGRP sudah mampertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan jalur mana yang akan di tempuh.

5. EIGRP

Protocol ini menggunakan algortima "advanced distence vektor" dan menggunakan "cost load balancing" yang tidak sama. Algoritma ini di pakai dengan kombinasi antara "distance vektor" dan "link-states", serta menggunakan Diffusing Update Algorithm (DUAL) untuk menghitung jalur terpendek.

6. IS-IS

IS-IS adalah protokol digunakan pada perangkat jaringan komputer yang berguna untuk menentukan jalur terbaik bagi datagram ketika diarahkan ke tujuan. Lebih lengkapnya didefinisikan dalam ISO / IEC 10589 2002 dalam desain referensi OSI.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Routing Protocol Jaringan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel