Cara Konfigurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Cara Konfigurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer – Hay sobat lubang sukses kali ini kita bertemu lagi pada kesempatan kali ini kita akan mencoba konfigurasi DHCP Sever pada cisco packet tracer, gimana kalian masih kebingungan bagaimana konfigurasinya oke agar tidak berlama-lama kalian simak dan pahami untuk konfigurasinya.

1. Apa Yang Dimaksud Dengan DHCP server ?
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protocol yang berbasis client/server di gunakan untuk mempermudan dalam pengalamat IP dalam satu jaringan yang sama, dalam hal lain DHCP Server bisa di sebut juga dengan layanan yang memberikan IP pada suatu jaringan.

Baca JugaKonfigurasi IP Address 3 router pada cisco packet tracer

Di dalam jaringan yang terdapat service DHCP Server maka akan mempermudah dalam installasi jaringan untuk pemberian alamat IP, bayangkan jika tidak terdapat DHCP Server apabila dalam jaringan terdapat 100 PC client maka akan memberikan 100X dalam pemberian IP. Bagaimana cukup sulit bukan apabila tidak terdapat DHCP Server.

2. Bagaimana Cara kerja DHCP Server ?
• IP Least Request
Pada tahap ini si client akan meminta IP pada Server, saat pertama kali client meminta maka akan mengecek terlebih dahulu apakah ada layanan DHCP Server pada jaringan tersebut, saat di temukan pada jaringan ada layanan DCHP Server maka client akan meminta IP Address pada DHCP Server.

• IP Least Offer
DHCP Server mendengar permintaan dari si client, maka DHCP Server akan memberikan penawaran berupa IP Address pada client dalam satu jaringan yang sama.

• IP Least Selection
Setelah client di beri penawaran oleh DHCP Server, lalu si client memberikan pesan terhadap DHCP Server penawan tersebut di setujui maka client meminta agar DHCP Server memberikan salah satu IP Address yang sudah di sediakan dalam DHCP Pool yang di miliki oleh DHCP Server.

• IP Least Acknowledge
Pada tahap yang terakhir ini, DHCP Server akan merespon pemintaan dari si client dengan mengirimkan paket acknowledge yang berupa informasi serta IP Address yang di butuhkan oleh client. Setelah DHCP Server telah memberikan IP pada client maka DHCP Server akan mempebarui data yang mereka punya.

Notes : Positive Acknowledgment adalah sebuah indikasi transmisi/pengriman data yang dilakukan oleh Sever dan diterima oleh client dengan sempurna.

3. Apasih Manfaat Dari DHCP Server ?
Nah pada DHCP Server terdapat beberapa mafaat seperti berikut :
• Mempermudah dalam transfer data dalam jaringan tersebut.
• Mempermudahkan seorang administrator memberikan pengalamatan IP pada jaringan tersebut secara otomatis.
• Di design untuk memberi layanan network yang besar dengan kompleks.
• Mencegah adayanya IP Konflik yaitu terdapat IP yang sama dalam satu jaringan tersebut.
• Memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang berbeda dengan client lainnya.

Baca JugaKonfigurasi routing RIPv2 di cisco packet tracer


4. Konfigurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer
• Buatlah toplogi dengan 1 server, 1 switch, dan 6 PC

• Setting IP Address pada server. Caranya klik server > Dekstop > IP Configuration, setting IP seperti berikut ini :


Nah karena di sini kita menggunakan /26 maka subnetmasknya 255.255.255.192

• Konfigurasi DHCP Server. Caranya klik server > Service > DHCP, Setting konfigurasi seperti berikut :

Keterangan  :
1) Pastikan pada service DHCP sudah on
2) Default Gateway : 192.168.100.1
3) Start IP Address : 192.168.100.3 (karna IP 192.168.100.2 sudah di pakai untuk server dan 192.168.100.1 untuk gateway)
4) Subnetmask : 255.255.255.192
5) Save

• Terakhir masuk masing-masing PC Client >Desktop > IP Configuration > Pilih DHCP, Pastikan terdapat pesan “DHCP request successful”

PC 1

PC 2

Nah bisa kalian lihat IP pertama yang di dapat 192.168.100.3 sebeb kenapa ? karena pada saat konfigurasi DHCP Server pada Start IP Address adalah 192.168.100.3. Setting semua IP Address pada PC, caranya sama seperti yang di atas.

Nah gitulah cara konfigurasi DHCP Server, cukup mudah bukan silakan kalian pahami dan teruslah berlatih, apabila kalian masih bingung silakan komen di bawah jangan lupa share terimakasih. sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca JugaKonfigurasi Routing Static Cisco Packet Tracer

Belum ada Komentar untuk "Cara Konfigurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel